RPP
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Mata Pelajaran : Akuntansi
Sekolah :
SMA N 1 Kalasan
Kelas/Semester : XI/I
AlokasiWaktu : 2x45 menit
Pertemuan ke- : 2
StandarKompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
KompetensiDasar :Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
Indikator :
a.
Mengidentifikasi
macam-macam bidang spesialisasi akuntansi
b.
Mengidentifikasi
etika profesi akuntan
c.
Mengklasifikasikan
perkiraan/akun
I.
TujuanPembelajaran :
a.
Siswa
mampu mengidentifikasi macam-macam bidang spesialisasi akuntansi
b.
Siswa
mampu menjelaskan macam-macam profesi akuntan
c.
Siswa
mampu mengidentifikasi etika profesi akuntan
d.
Siswa
mampu menjelaskan penggolongan akun
II.
Materi Ajar :
a. Macam-macam
bidang spesialisasi akuntansi
b. Macam-macam
profesi akuntan
c. Etika
profesi akuntan
d. Klasifikasi/penggolongan
akun
III.
MetodePembelajaran :
a. Ceramah dan tanya jawab
b.
Games (talking stick)
IV.
Skenario
Pembelajaran :
No
|
KBM
|
Waktu (menit)
|
Nilai karakter yang dikembangkan
|
Tugas Mandiri Terstuktur
|
A
|
Pendahuluan
|
|
|
|
|
1. Guru membuka pelajaran dengan salam
dilanjutkan berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
2. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan
tujuan pembelajarandan memberikan apersepsi.
|
10’
|
·
Disiplin
·
Tanggung
jawab
|
·
Menjelaskan
bidang bidang dalam akuntansi
·
Menjelaskan
profesi dalam akuntansi.
·
Menyebutkan
etika profesi akuntan
·
Menjelaskan
penggolongan akun
|
B
|
Inti
|
|
|
|
|
1.
Eksplorasi
a.
Siswa
membaca bahan ajar mengenai bidang
spesialisasi akuntansi, etika profesi akuntan, dan penggolongan akun
2.
Elaborasi
a.
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru diselingi dengan tanya jawab
b.
Guru
menjelaskan permainan talking stick.
c. Siswa bermain game talking stick tentang bidang, profesi akuntansi, dan penggolongan
akun.
3.
Konfirmasi
a.
Siswa
dan guru membuat kesimpulan tentang materi pelajaran hari ini.
|
70’
|
·
Disiplin
·
Tanggung
jawab
·
Keterampilan
·
Mandiri
·
Keaktifan
|
|
C
|
Penutup
|
|
|
|
|
1.
Guru
menyebutkan dan meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya
2.
Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam
|
10’
|
·
Disiplin
·
Tanggung
jawab
|
V.
Media
dan alat pembelajaran :
White board, board maker, penghapus, hand out ringkasan materi, power
point dan LCD
VI.
Sumber
bahan :
1. Alam S. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XI. ESIS:Jakarta
2. Wahyu Adji, dkk. 2007. Ekonomi untuk Kelas XI SMA/MA. Erlangga:Jakarta
3. http://agungacil.blogspot.com/2012/09/akuntansi-penggolongan-akun.html. (diakses pada 19 2013 Agustus, pukul 17.30
WIB)
VII.
Penilaian :
Teknik : tes lisan
Instrumen : soal uraian (dengan game talking stick)
1. Aspek kognitif : pemberian poin pada siswa
yang mendapat giliran dan bisa menjawab dengan benar
2. Aspek afektif : perhatian siswa dan keaktifan
siswa dalam kelas
Yogyakarta, 20 Agustus 2013
Guru
Pembimbing, Mahasiswa
Praktikan,
Tri
Puji Astuti, S.Pd. Anik Risti D.
NIP 19771023 200801
2 009NIM 10418244008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar