Selasa, 20 Agustus 2013

RPP 1 akt kelas XI



RPP
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)

Mata Pelajaran            : Akuntansi
Sekolah                       : SMA N 1 Kalasan
Kelas/Semester            : XI/I
AlokasiWaktu             : 2x40 menit
Pertemuan ke-             : 1
StandarKompetensi    : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
KompetensiDasar        :Mendeskripsikan akuntansi sebagai  sistem informasi
Indikator                     :
a. Mendefinisikan pengertian dasar akuntansi
b. Merumuskan kualitas informasi akuntansi
c. Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi
d. Mengidentifikasi kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai.
                                                                                                                                                      
I.                   TujuanPembelajaran                      :
a.       Siswa mampu mendefinisikan pengertian dasar akuntansi
b.      Siswa mampu merumuskan kualitas informasi akuntansi
c.       Siswa mampu menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi akuntansi
d.      Siswa mampu mengidentifikasikegunaaninformasiakuntansibagimasing-masingpemakai.
II.                Materi Ajar                                    :
a.       Pengertian dasar akuntansi
b.      Kualitas informasi akuntansi
c.       Proses akuntansi
d.      Pemakai Informasi akuntansi
III.             MetodePembelajaran                    :
a.       Ceramah dan tanya jawab
b.      Quiz
IV.             SkenarioPembelajaran       :
No
KBM
Waktu (menit)
Nilai karakter yang dikembangkan
A
Pendahuluan



1.    Guru membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan berdoa
2.    Guru melaksanakan perkenalan dengan siswa baru dan menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran dan memberikan apersepsi tentang akunatnsi
15’
·      Disiplin
·      Tanggung jawab
B
Inti



1.    Eksplorasi
a.       Peserta didik membaca bahan ajar mengenai pengertian dasar akuntansi, kualitas informasi akuntansi, proses akuntansi, dan pemakai informasi akuntansi
2.    Elaborasi
b.      Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru diselingidengan tanyajawab.
c.       Peserta didik mengejakanquiz yang diberikanoleh guru secaraindividu.
3.    Konfirmasi
a.       Peserta didik dan guru membuat kesimpulan tentang materi pelajaran hari ini.
55’
·      Disiplin
·      Tanggung jawab
·      Keterampilan
·      Mandiri

C
Penutup



1.         Guru menyebutkan dan meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya
2.         Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam
10’
·      Disiplin
·      Tanggung jawab

V.                Media dan alat pembelajaran        :
White board, board maker, penghapus,hand outringkasan materi

VI.             Sumber bahan       :
1.    Alam S. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas XI. ESIS:Jakarta
2.    Wahyu Adji, dkk. 2007. Ekonomi untuk Kelas XI SMA/MA. Erlangga:Jakarta
3.    Sumber-sumber lain yang bisa diakses melalui internet

VII.          Penilaian                :
Teknik       : tes tertulis (quiz)
Instrumen  : soal uraian (terlampir)











No
Aspek
Butir Soal
Keterangan
Alternative
Skor
1

Kognitif

1

Pengertian akuntansi
dijawab benar
dijawab salah
tidak dijawab
20
5
0


2

Kegunaan informasi akuntansi untuk pemimpin perusahaan dan kreditor
dijawab benar
dijawab salah
tidak dijawab
40
10
0


3
Syarat infomasi akuntansi yang berkualitas
dijawab benar
dijawab salah
tidak dijawab
40
10
0

Sor maksimal



100

Nilai =   perolehan skor x 100
                 Skor maksimal

                                                                  Yogyakarta, 18 Juli 2013
      Guru Pembimbing,                                          Mahasiswa Praktikan,
     
      Tri Puji Astuti, S.Pd.               Anik Risti D.             
NIP 19771023 200801 2 009NIM 10418244008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar