Selasa, 20 Agustus 2013

materi 2 akuntansi kelas XI



a.      Macam-macam bidang spesialisasi akuntansi
Ada beberapa bidang khusus dalam akuntansi
1.      Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang mengkhususkan dalam proses pencatatn transaksi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan keuangan
2.      Auditing adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara independen.
3.      Akuntansi biaya berhubungan dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi.
4.      Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan.
5.      Akuntansi anggaran berhubunagn dengan penyusunan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual.
6.      Akuntansi perpajakan mengkhusukan kegiatannya dalam penyiapan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak.
7.      Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan.
8.      Akuntansi pemerintahan mengkhususkan dalam penyajian laporan transaksi yang dilakukan oleh pemerintah
9.      Akuntansi pendidikan berhubungan dengan kegiatan pengajaran dan pengembangan pendidikan akuntansi.

b.      Macam-macam profesi akuntan
1.      Akuntan perusahaan (internal)
Akuntan yang bekerja dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.
2.      Akuntan publik
Akuntan independen (bebas) yang secara perorangan atau kelompok memberikan jasa dalam bidang akuntansi dalam suatu perusahaan.
3.      Akuntan pemerintah
Akuntan yang bekerja pada lembaga pemerintah.
4.      Akuntan pendidik
Akuntan yang tugas utamanya mengembangkan dan mengajarkan akuntansi
c.       Etika profesi akuntan
Etika adalah persoalan penting dalam profesi akuntan. Oleh karena itu akuntansi diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengambil keputusan. Ada tiga prinsip dasar perilaku yang etis bagi akuntan:
1.      Menghindari pelanggaran etika yang terlihat remeh
2.      Memusatkan perhatian pada reputasi jangka panjang
3.      Bersiap menghadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pada perilaku etis

d.      Klasifikasi/penggolongan akun
Akun adalah suatu tempat untuk mencatat suatu transaksi yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menunjukkan pengurangan atau penambahan setiap jenis transaksi.
Secara garis besar akun dapat digolongkan menjadi 2:
1.      Akun riil/tetap terdiri dari harta, utang, dan modal (dicatat daalam laporan neraca)
2.      Akun nominal/sementara terdiri dari pendapatan, beban, dan selisih keduanya (dicatat dalam laporan laba rugi)
                        Secara lebih detail bisa dijelaskan:
1.        Harta/Aktiva/Assets
       Harta atau aktiva adalah setiap sumber daya yang dimiliki perusahaan yang berguna pada waktu sekarang dan waktu yang akan datang. Penggolongan harta berdasarkan likuiditasnya, antara lain sebagai berikut.
a.     Harta lancar/current assests
     Harta lancar adalah harta yang tingkat likuiditasnya tinggi, artinya harta tersebut    dapat dengan segera berubah dalam waktu kurang dari satu tahun atau kekayaan       lain yang dapat dicairkan menjadi uang tunai serta yang habis dipakai dalam     jangka waktu kurang dari satu tahun.
·         Kas (cash)adalah jumlah uang tunai yang tersedia di tangan (cash on hand) atau di bank (cash in bank) dicairkan menjadi uang tunai atau habis dipakai dalam jangka waktu kurang dari setahun (dalam siklus normal perusahaan). Misalnya: uang tunai
·         Surat-surat berharga (securities). Misalnya: saham dan obligasi.
·         Piutangwesel/wesel tagih (notes receivable) adalahhaktagihatasjanjitertulis yang menyatakansanggupuntukmembayarpadawaktutertentudenganjumlahtertentu.
·         Piutangusaha (account receivable) adalahtagihankepadapihak lain. Tagihaninitimbulakibatpenjualanbarangataujasasecarakredit.
·         Persediaanbarangdagangan (merchandise inventory) adalahjumlahbarang yang dibeliperusahaanuntukdijualkembalidengantujuanuntukmencarilaba.
·         Perlengkapan (supplies) adalahsejumlahbarang yang dimilikiolehperusahaanuntukdipakaidalamkegiatanusaha cirri utamaadalahbahwaperlengkapanini proses pemakaiannyasekaligushabisatautidaksekaligushabis, dandiperkirakanmasapenggunaannya relative singkat, kurangdarisatutahun.
·         Bebandibayardimuka (prepaid expenses) adalahbeban yang dikeluarkantetapibelumdianggapsebagaibebanselamahasil yang diperolehdaripengeluaraanbebantersebutbelumdimanfaatkanataudikonsumsi.
·         Pendapatan yang masihharusditerima (accruedrevenues) adalahsuatupengorbananberupa jasa yang waktunyasudahberlalutetapiimbalanatau balas jasanyabelumditerima. Misalnya: bunga yang masihharusditerima (accrued interest receivable), sewa yang masihharusditerima (accurued rent receivable).
b.    Harta tetapberwujud/intangible fixed assests
Harga tetap berwujud adalah harta kekayaan perusahaan yang digunakan untuk     operasinal usaha. Sifat pemakaiannya relatif tetap dan jangka waktu     pemakaiannya tahan lama atau lebih dari satu tahun. Harta tetap berwujud antara     lain sebagai berikut: Peralatan (equipment), Bangunan (building), Tahan (land), kendaraan.
c.     Investasi jangka panjang/long term investment
     Investasi yang dilakukan suatu perusahaan dengan jangka waktu lebih dari satu     tahun dalam bentuk saham/obligasi dengan tujuan untuk mendapatkan           penghasilan secara terus menerus atau bahkan menguasai perusahaan lain.
d.    Harta tak berwujud/intangible assets
     Harta tetap tidak berwujud adalah harta yang bersifat abstrak, yaitu berupa hak     perusahaan yang nilainya cukup materiil/berarti. Harta tetap tidak berwujud            antara lain sebagai berikut:
·         Good will adalah nama baik perusahaan yang merupakan suatu kelebihan untuk memperoleh laba lebih baik dibandingkan dengan perusahaan lain.
·         Paten (patents) adalah hak untuk memproduksi atau menggandakan suatu penemuan agar memberikan penghasilan bagi pemilih hak.
·         Hak cipta (copyrights) adalah hak yang diberikan kepada seseorang karena menciptakan sesuatu yang dikenal sebelumnya.
·         Hak monopoli suatu usaha (franchise) adalah hak yang diberikan kepada seseorang atau perusahaan untuk menggunakan barang atau nama pemberi hak.
·         Merek dagang (trade mark)
e.     Harta lain-lain
     Harta lain-lain adalahhartatetapperusahaan yang belum/tidakdigunakandalam         perusahaan, antara lain pembeliantanahuntukcadanganperusahaandan           bangunan yang masihdalam proses.

1 komentar:

  1. Makasih materi akuntansinya
    oya kunjungi balik ya blog saya di :
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/

    BalasHapus