Jumat, 31 Mei 2013

:) Smoking :)







            


Dear reader,
Saya bukan membenci perokok, bukan melarang perokok untuk berhenti merokok, tapi cuman mau ngeshare pendapat saya tentang merokok :) . Tapi kalau saya sudah punya suami, dia akan saya larang untuk merokok. Hehe.
Merokok, merokok itu hak asasi semua orang, merokok itu menyenangkan bagi penggunanya, merokok itu nikmat bagi penikmatnya, merokok itu konsumsi wajib bagi konsumennya, merokok itu everything bagi pecandunya. Saya tidak tahu, namun mungkin saja seperti itu, soalnya saya menemukan banyak blog yang isinya tentang nikmatnya merokok. Di blog mereka, mereka menceritakan bahwa merokok itu sangat nikmat. Salah satu blog yang saya temui tertulis (tidak saya tulis sumbernya) seperti ini  “Ini bukan promosi, sekedar opini pribadi. Maaf yang anti rokok, silahkan protes, ndak papa. Merokok merupakan kenikmatan tersendiri bagi yang terbiasa. Makan tanpa ditutup dengan rokok seperti berak tanpa cebok, begitu istilahnya.” Opininya bagus, siapa yang setuju, angkat kaki, eh, angkat tangan!! :D. Ada juga yang mengatakan kalo rokok itu seperti air, bagaimana kalau lagi haus tapi tidak ada air, seperti itulah merokok. Tidak perlu membahasnya lebih jauh... Semua opini keren menurut saya...
Cuma pengin nge share: Yang saya tahu, kebanyakan perokok masih saja terus dan tetap merokok meskipun mereka tahu bahaya kalo mereka terus merokok. Menurut saya, perokok itu ibarat orang yang sedang di tengah jalan, sudah tahu kalo dia mau ditabrak truk kontainer tapi nggak mau minggir. Hehe. Atau enggak, malah seperti orang korupsi. Mungkin kalo orang korupsi itu benar-benar menikmati hasil korupsinya meskipun mereka tahu kalo risiko korupsi itu lumayan waoww. Persamaannya dengan merokok, seorang yang merokok itu sangat menikmati rokoknya meskipun mereka tahu risiko merokok itu ya seperti itu lah pokoknya. Korupsi dan merokok juga sama2 merugikan diri sendiri dan orang lain lho...
Sebelum share tentang bahaya rokok, ada statements dari tere liye, my favourite writer :)
“Banyak sekali perokok yg mengaku mendapatkan manfaat dari merokok, merasa lebih kreatif, merasa lebih sehat, bisa jadi obat dan sebagainya. Itu semua BOHONG!! Sama bohongnya dgn pengguna narkoba yg merasa lebih kreatif, merasa lebih sehat dan oke, merasa bisa jadi obat. Kalau masih sehat, bersyukurlah, Tuhan masih sayang, karena banyak sekali di luar sana perokok yg terkapar oleh komplikasi penyakit.”
“"Keuntungan Sampoerna sepanjang tahun 2011 adalah 8 Trilyun lebih. Keuntungan Gudang Garam 3 Trilyun lebih. Keluarga pemilik perusahaan rokok masuk dalam daftar orang2 terkaya se-Indonesia.
Keuntungan kalian yg merokok? Banyak. Yang paling hebat adalah menjadi lebih sehat, lebih keren, membuat sekitar jadi lebih sayang karena asap yg semerbak, dan tentu saja, berbuat baik membuat orang2 itu menjadi super kaya--yg boleh jd, keluarga mereka itu justeru TIDAK merokok."

Nah, ini Share tentang bahaya rokok (from http://kemonbaca.blogspot.com/2012/08/bahaya-merokok-akibat-dan-bahaya-rokok.html) . Untuk keuntungan merokok, reader bisa membaca postingan ini dari awal hingga akhir, MUNGKIN  ada keuntungan secara tersirat di dalamnya (tapi saya juga nggak tahu yang mana keuntungannya, hehe)
Zat Berbahaya dalam Rokok
1. Nikotin
Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok
Pengaruh bagi tubuh manusia : menyebabkan kecanduan / ketergantungan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku, mengeraskan dinding arteri
2. Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker
Pengaruh bagi tubuh manusia : membunuh sel dalam saluran darah, Meningkatkan produksi lendir diparu-paru, Menyebabkan kanker paru-paru
3. Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.
Pengaruh bagi tubuh manusia : mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen, menghalangi transportasi dalam darah
4. Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia : Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh
5. Zat Iritan
Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru, Menyebabkan batuk
Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam ASAP ROKOK, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang ROKOK, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).

Bahaya Rokok/Bahaya Merokok
1. Penyakit jantung
Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyakit jantung. Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi. Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.
2. Penyakit paru
Risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis meningkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis, tapi gejala biasanya akan*jauh lebih buruk di kemudian hari, menurut American Cancer Society.
3. Kanker paru dan kanker lainnya
Kanker paru2 sudah lama dikaitkan dg bahaya rokok, yang juga dapat menyebabkan terhadap kanker lain seperti dari mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim dan kanker darah (leukemia).
4. Diabetes
Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.
5. Impotensi
Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah ke p3nis kemungkinan juga akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yg kecil & dapat mengakibatkan disfungsi ereksi/impoten.
6. Menimbulkan Kebutaan
Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi yg diterbitkan dalam 'Archives of Ophthalmology' pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.
7. Penyakit mulut
Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.
8. Gangguan Janin
Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.
9. Gangguan Pernafasan
Merokok meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok. Sebagai generasi muda bangsa yang dituntut lebih aktif dan berperan dalam negara, baiknya kita bisa memahami dan ikut mengkampanyekan 'no smoking' bukan hanya dihari kampanye 31 Mei, akan tetapi setiap hari dan setiap saat.

Maaf jika ada yang tidak berkenan, Semoga bermanfaat :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar