RPP
(RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Mata Pelajaran : Akuntansi
Sekolah : SMA N 1 Kalasan
Kelas/Semester : XI/I
AlokasiWaktu : 2x40 menit
Pertemuan ke- : 1
StandarKompetensi : Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
KompetensiDasar :Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
Indikator :
a. Mendefinisikan pengertian dasar akuntansi
b. Merumuskan
kualitas informasi akuntansi
c. Menjelaskan proses akuntansi dan kualitas informasi
akuntansi
d. Mengidentifikasi
kegunaan informasi akuntansi bagi masing-masing pemakai.
I.
TujuanPembelajaran :
a.
Siswa mampu mendefinisikan pengertian
dasar akuntansi
b.
Siswa mampu merumuskan kualitas
informasi akuntansi
c.
Siswa mampu menjelaskan proses akuntansi
dan kualitas informasi akuntansi
d.
Siswa mampu mengidentifikasikegunaaninformasiakuntansibagimasing-masingpemakai.
II.
Materi
Ajar :
a.
Pengertian dasar akuntansi
b.
Kualitas informasi akuntansi
c.
Proses akuntansi
d.
Pemakai Informasi akuntansi
III.
MetodePembelajaran :
a. Ceramah
dan tanya jawab
b.
Quiz
IV.
SkenarioPembelajaran :
No
|
KBM
|
Waktu
(menit)
|
Nilai
karakter yang dikembangkan
|
A
|
Pendahuluan
|
|
|
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan salam dilanjutkan berdoa
2. Guru
melaksanakan perkenalan dengan siswa baru dan menyampaikan kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran dan memberikan apersepsi tentang akunatnsi
|
15’
|
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
|
B
|
Inti
|
|
|
|
1.
Eksplorasi
a.
Peserta didik membaca bahan ajar
mengenai pengertian dasar akuntansi, kualitas informasi akuntansi, proses
akuntansi, dan pemakai informasi akuntansi
2.
Elaborasi
b.
Peserta didik mendengarkan
penjelasan dari guru diselingidengan tanyajawab.
c.
Peserta didik mengejakanquiz yang diberikanoleh guru secaraindividu.
3.
Konfirmasi
a.
Peserta didik dan guru membuat
kesimpulan tentang materi pelajaran hari ini.
|
55’
|
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
·
Keterampilan
·
Mandiri
|
C
|
Penutup
|
|
|
|
1.
Guru menyebutkan dan meminta
siswa untuk mempelajari materi selanjutnya
2.
Guru menutup pelajaran dengan doa
dan salam
|
10’
|
·
Disiplin
·
Tanggung jawab
|
V.
Media dan alat pembelajaran :
White
board, board maker, penghapus,hand outringkasan materi
VI.
Sumber bahan :
1. Alam
S. 2007. Ekonomi untuk SMA dan MA kelas
XI. ESIS:Jakarta
2. Wahyu
Adji, dkk. 2007. Ekonomi untuk Kelas XI
SMA/MA. Erlangga:Jakarta
3. Sumber-sumber
lain yang bisa diakses melalui internet
VII.
Penilaian :
Teknik :
tes tertulis (quiz)
Instrumen : soal uraian (terlampir)
No
|
Aspek
|
Butir Soal
|
Keterangan
|
Alternative
|
Skor
|
1
|
Kognitif
|
1
|
Pengertian akuntansi
|
dijawab benar
dijawab salah
tidak dijawab
|
20
5
0
|
|
|
2
|
Kegunaan informasi akuntansi untuk pemimpin perusahaan dan kreditor
|
dijawab benar
dijawab salah
tidak dijawab
|
40
10
0
|
|
|
3
|
Syarat infomasi akuntansi yang berkualitas
|
dijawab benar
dijawab salah
tidak dijawab
|
40
10
0
|
|
Sor maksimal
|
|
|
|
100
|
Nilai
= perolehan skor x 100
Skor maksimal
Yogyakarta,
18 Juli 2013
Guru Pembimbing, Mahasiswa Praktikan,
Tri Puji Astuti, S.Pd. Anik Risti D.
NIP 19771023 200801 2 009NIM
10418244008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar