Meningkatkan value of the firm (nilai
perusahaan) :
1.
Meningkatkan performance
2.
Meningkatkan profit
Meningkatkan value of the firm=meningkatkan
laba perusahaan
Meningkatkan nilai laba perusahaan dengan
cara meningkatkan pendapatan dan menekan biaya (untuk mendapatkan laba yang
maksimal). Namun perlu diingat di sini bahwa meningkatkan laba bukan berarti
menaikkan setinggi-tingginya harga jual produk, sehingga harga produk menjadi
lebih mahal, karena hal ini malah bisa menurunkan daya beli konsumen. Ketika
daya beli konsumen turun, apa yang terjadi? Konsumen tidak lagi membeli produk
kita, sehingga pendapatan kita malah menjadi turun. Meningkatkan pendapatan
bisa dicapai dengan pemberian better service kepada konsumen, meningkatkan
kualitas produk, dll. (meskipun sebenarnya hal ini juga berakibat naiknya harga
jual produk, namun kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan, tergantung
bagaimana strategi perusahaan dalam menetapkan harga jual produk).
Sedangkan dalam hal penekanan biaya, ini
bukan berarti kita menurunkan/mengurangi biaya menjadi serendah-rendahnya,
namun lebih pada cost efficiency. Karena ketika biaya diturunkan, hal ini akan
cenderung mengabaikan tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Misalnya marketing
department perusahaan meminta 100 jt untuk kegiatan operasionalnya. Jumlah ini
mungkin terlalu besar untuk perusahaan, nah, hal yang harus dilakukan adalah
asking pada marketing department, dengan modal 100 jt tersebut, marketing
department akan bisa menghasilkan return seberapa besar. Apakah jumlah
returnnya secara signifikan biasa meningkatkan laba perusahaan? Kalau tidak,
bisa melakukan negosiasi dengan marketing department tersebut, marketing akan
diberi 100 jt jika bisa menghasilkan return sebesar 200 jt, misalnya (tentunya
sudah dengan perhitungan yang hasilnya secara signifikan bisa meningkatkan
laba). Bukan berarti langsung menurunkan biaya untuk bagian marketing, misalnya
hanya diberi 20 jt sehingga kegiatan operasional marketing department akan
terhambat. Inilah yang disebut dengan cost efficiency. Cost efficiency ini juga
berfungsi agat tidak terjadi tabrakan kepentingan antara satu bagian/department
dengan bagian/department lain, karena dalam suatu perusahaan pasti setiap
department meminta sejumlah biaya untuk kegiatan operasionalnya. (feb, 15th 2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar